Ucapan selamat dari Pemimpin dunia untuk Joe Biden

Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris atas kemenangan mereka dalam pemilihan presiden AS 2020 pada hari Sabtu, dengan banyak yang memberikan nada gembira di media sosial.

Pemimpin Kanada Justin Trudeau menekankan aliansi erat antara Kanada dan AS dalam sambutannya.
“Selamat Joe Biden dan Kamala Harris,” tulis Trudeau di Twitter. “Kedua negara kami adalah teman dekat, mitra, dan sekutu. Kami berbagi hubungan yang unik di panggung dunia. Saya sangat menantikan untuk bekerja sama dan membangunnya dengan Anda berdua.”
Di Eropa, reaksi dipimpin oleh politisi Irlandia. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih baru Amerika Serikat [Joe Biden],” Perdana Menteri Irlandia Micheál Martin tweeted setelah hasilnya diumumkan. Martin juga mereferensikan warisan Irlandia-Amerika Biden, menambahkan: “Joe Biden telah menjadi teman sejati bangsa ini sepanjang hidupnya dan saya berharap dapat bekerja dengannya di tahun-tahun mendatang. Saya juga menantikan untuk menyambutnya kembali ke rumah ketika keadaannya tidak memungkinkan. mengizinkan!”

Menteri Kesehatan Irlandia Simon Coveney mengatakan pemerintah negara itu “berharap untuk bekerja dengan kepresidenan (Biden / Harris) untuk mempertahankan & memperkuat hubungan Irlandia-Amerika, dan banyak lagi.”
Para pemimpin sekutu AS Korea Selatan dan Australia juga mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris.
Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Presiden terpilih telah menjadi teman baik Australia selama bertahun-tahun,” dan mencatat bahwa Biden akan mengambil peran tersebut pada saat yang genting saat dunia memerangi pandemi Covid-19.
“Kepemimpinan Amerika sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan ini dan menegakkan aturan, norma, dan standar komunitas internasional kami,” kata Morrison.
Morrison berterima kasih kepada Presiden AS saat ini Donald Trump, Wakil Presiden Mike Pence, dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo atas pekerjaan mereka dengan Australia selama empat tahun terakhir.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in tweeted dia berharap untuk bekerja dengan Biden dan Harris.
“Aliansi kami kuat dan ikatan antara kedua negara kami sangat kuat,” kata Moon.

‘Selamat datang kembali Amerika!’
Di Prancis, Walikota Paris Anne Hidalgo juga bereaksi di Twitter, menyatakan “Selamat datang kembali Amerika!”
“Sementara kami akan merayakan ulang tahun ke-5 Perjanjian Paris, kemenangan ini melambangkan kebutuhan kami untuk bertindak bersama lebih dari sebelumnya, mengingat keadaan darurat iklim,” tulisnya.
AS meninggalkan perjanjian penting itu awal pekan ini.
Arti kemenangan Joe Biden bagi dunia
Arti kemenangan Joe Biden bagi dunia
Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memposting tweet yang hidup, menulis: “Amerika telah memilih Presiden mereka. Banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi tantangan hari ini. Mari bekerja sama!”
Rasa terpilihnya Biden yang memperkuat peran global AS juga digaungkan dalam pernyataan Eropa lainnya.
Norbert Röttgen, Ketua Komite Urusan Luar Negeri Jerman, mengatakan dia “sangat bahagia untuk semua teman Amerika saya dan untuk kesempatan besar ini untuk menghidupkan kembali persahabatan transatlantik kami,” sementara Menteri Luar Negeri Heiko Maas mengatakan Jerman ingin “berinvestasi dalam kerjasama kami untuk awal transatlantik baru, kesepakatan baru. “
Walikota London Sadiq Khan mengatakan kemenangan Biden dan Harris berarti ini adalah “waktu untuk kembali membangun jembatan, bukan tembok” dalam penggalian atas kebijakan Presiden Trump untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.
Khan dan Trump telah bentrok berulang kali selama bertahun-tahun.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris dan menekankan pentingnya hubungan transatlantik.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunjungi markas Octopus Energy pada 5 Oktober di London
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunjungi markas Octopus Energy pada 5 Oktober di London
“Selamat kepada Joe Biden atas pemilihannya sebagai Presiden Amerika Serikat dan untuk Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya,” kata Johnson di Twitter.
“AS adalah sekutu terpenting kami dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kami, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan.”
Pemerintahan Johnson dan Trump dianggap sebagai sekutu dekat dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dengan hati-hati mengakui petahana Gedung Putih.
“Itu adalah kontes yang ketat dan [Donald Trump] berjuang keras,” tulisnya di Twitter.
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orbán juga memberi selamat kepada Biden, menurut juru bicara Orbán, Zoltan Kovacs.
Orbán berkata dalam sepucuk surat kepada Biden: “Saya berharap Anda selalu sehat dan sukses terus-menerus dalam memenuhi tugas Anda dengan tanggung jawab yang luar biasa.”

(Sumber :edition.cnn.com)

Bagikan